Senin, 05 Maret 2012

Perempuan dan Kista

Penyakit kista merupakan penyakit yang menyerang kaum perempuan. Kista sendiri merupakan benjolan yang berisi cairan yang berada di indung telur. Penyakit ini merupakan penyakit tumor jinak, karena kebanyakan penanganannya tidak melalui operasi besar.

Menurut Dr. dr. T. Z.Jacoeb, SpOG-KFER, kista tidak hanya dapat tumbuh di ovarium atau indung telur wanita saja, tetapi juga dapat tumbuh di paru-paru, usus dan bahkan di otak. Penyakit kista dapat disebabkan oleh polusi udara dan debu. Adanya dioksin dari asap pabrik dan pembakaran gas bermotor dapat menurunkan daya tahan tubuh manusia yang kemudia akan membantu tumbuhnya kista. Selain itu dari faktor makanan, lemak berlebih atau lemak yang tidak sehat akan mengakibatkan zat-zat lemak tidak dapat dipecah dalam proses metabolisme sehingga akan meningkatkan hormon testosteron.

Berdasarkan tingkatan keganasan, penyakit kista dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu:
1. Kista non-neoplastik, yang sifatnya jinak dan biasanya akan mengempis sendiri setelah 2 hingga 3 bulan
2. Kista neoplastik, kista ini umumnya harus dioperasi, namun hal itu pun tergantung pada ukuran dan sifatnya
Sebagian besar penyakit ini tumbuh disebabkan perubahan kadar hormon pada saat produksi, pelepasan sel telur dari ovarium dan selama haid. Namun bagi anda yang pernah mengalami kista sebaiknya hati-hati walaupun penyakit tersebut sudah di tangani/oprasi, sebab penyakit tersebut dapat muncul kembali.

Penyakit ini juga dikatakan penyakit yang dapat diturunkan dari orang tua yang dalam sejarahnya pernah terjangkit penyakit ini. Penyakit kista dibagi menjadi empat yaitu Kista fungsional, cokelat (endometriosis), dermoid dan kista kelenjar (cystadenoma). Namun walaupun begitu penyakit kista dapat di cegah, yaitu dengan menjaga pola makan sehat (sayuran dan buah-buahan), menjaga pola hidup, rajin berolah raga, mejaga kebersihan (terutama kebersihan tubuh). Walaupun penyakit ini terbilang jinak namun jika dibiarkan dapat berpotensi mejadi penyakit ganas. Sehingga jika sampai penyakit tersebut sudah mulai ganas perlu penanganan yang serius hingga di oprasi. Nah sebelum penyakit tersebut mulai ganas sebaiknya lakukan pencegahan terlebih dahulu. Seperti konsumsi makanan atau minuman yang memiliki antioksidan yang lebih.




0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India